Kamis, 30 Mei 2013

PENGERTIAN ROKOK HERBAL NANO

Dalam Ensiklopedia,pengertian "ROKOK" adalah silinder dari kertas berukuran panjang antara 70 hingga 120 mm (bervariasi tergantung negara) dengan diameter sekitar 10 mm yang berisi daun-daun tembakau yang telah dicacah.Menurut Framework Convention on Tobacco Control (FCTC)-WHO, produk tembakau adalah produk yang dibuat dengan menggunakan seluruh atau sebagian dari daun tembakau sebagai bahan dasar yang diproduksi untuk digunakan sebagai rokok yang dikonsumsi dengan cara dihisap, dikunyah, atau disedot. Produk tembakau khususnya rokok dapat berbentuk sigaret, kretek, cerutu, lintingan, menggunakan pipa, tembakau yang disedot, dan tembakau tanpa asap.
Herbal merupakan istilah sehari-hari yang lekat di sekitar kita.Istilah Herbal dalam dunia pengobatan memiliki makna yang luas, yaitu segala jenis tumbuhan dan seluruh bagian-bagiannya yang mengandung satu atau lebih bahan aktif yang dapat dipakai sebagai obat (therapeutic). Di dalam herbal atau tanaman obat itu terdapat kumpulan zat-zat yang memiliki beberapa efek farmakologi karena komposisi kandungan yang terdapat dalam tanaman obat itu bersifat konstruktif yaitu bersifat membangun organ, sel dan sistem tubuh.
Bersama ahli kimia-fisika alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Dr.Gretta Zahar, Sutiman melakukan penelitian tentang Divine Kretek sejak tahun 2005. Divine kretek merupakan hasil pendekatan berfikir Nano Sain yang membangun konsep hubungan berbagai penyakit ini dengan kadar logam Hg+metal (logam merkuri) di dalam tubuh. Menurut Prof Sutiman, dari hasil penelitian yang dilakukannya, Kelompok Nano Sain yang beranggotakan beberapa peneliti dari bidang kedokteran, kimia dan fisika ini menciptakan Divine Kretek yang berfungsi sebagai pengendali bahaya radikal bebas dan logam merkuri dalam darah.
Pengertian rokok herbal nano adalah silinder kertas berisi tembakau, bahan herbal yang merupakan bahan aktif yang memiliki zat dan efek farmakologi , yang telah diimplementasi teknologi nano ciggaretes.

BAHAN BAKU ROKOK HERBAL NANO


Belimbing Wuluh


  Belimbing wuluh( A.bilimbi) atau dikenal juga dengan nama belimbing sayur adalah salah satu jenis belimbing yang memiliki rasa asam dibandingkan jenis belimbing lainnya. Pohon belimbing diperkirakan berasal dari daerah maluku dan telah menyebar di wilayah lain di Indonesia dan juga terdapat dibeberapa Negara seperti Malaysia, Myanmar, Filipina dan Srilanka. Dalam belimbing wuluh terutama pada bagian buahnya, terkandung beberapa zat /senyawa kimia antara lain glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat.
Banyak sekali manfaat belimbing wuluh, diantaranya sebagai berikut :
1.



2.
3.
Buah belimbing wuluh : bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, obat jerawat, panu, obat sakit gigi dan gusi bengkak, melancarkan percernaan,peluruh kencing, obat batuk rejan, diabetes, mengobati kelumpuhan.
Bunga belimbing wuluh : Dapat mengobati batuk pada anak dan sariawan.
Daun belimbing wuluh : digunakan untuk mengobati penyakit gondongan, rematik dan obat sakit perut.dan juga batuk.
 
Bayam ( Amaranthus spp) adalah tumbuhan sayuran yang banyak dikonsumsi terutama daunnya sebagai sayuran hijau.Tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ini dikenal sebagai tanaman sayur hanya di wilayah asia timur dan asia tenggara sehingga di kenal juga dengan nama Chinese amaranth.
Tanaman Bayam memiliki kandungan zat besi yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Tanaman ini tumbuh baik di wilayah beriklim hangat dan memiliki cahaya kuat. Bayam merupakan salah satu tanaman yang relatif tahan terhadap pencahayaan lansung karena termasuk tumbuhan C4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar